Tips Cara Memperbaiki Aki Basah Rusak

JagoBelanja.com – Aki basah atau accu normalnya memiliki usia pemakaian sekitar 2 tahun. Setalah itu biasanya daya penyimpaannya akan menurun drastis atau bahkan rusak. Tips Cara memperbaiki aki basah rusakĀ  ini bertujuan agar aki basah kembali dapat menyimpan arus listrik secara maksimal.

Tips Cara Memperbaiki Aki Basah Rusak

Tips Cara Memperbaiki Aki Basah Rusak

Secara umum aki dapat dibbedakan menjadi 2 macam yaitu aki kering dan aki basah. Keduanya memiliki varian voltase antara 6 volt hingga 12 Volt. Setiap cell aki memiliki tegangan sekitar 2V. Dengan demikian, jika terdapat cell yang mengalami hambatan atau kerusakan, maka dengan sendirinya voltase total aki basah akan menurun.

Aki merupakan jenis aki sekunder yang mampu menyimpan voltase 6 hingga 24 volt untuk tipe umum dan dapat juga dapat di charge kembali.

Konstruksi Aki Basah

Sebuah aki terdiri dari sell elektroda anoda berbahan Pb serta PbO2 sebagai katode. Dengan menggunakan elektrolit asam sulfat ( H2SO4 ), maka aki tersebut akan mengalirkan arus listrik. Arus tersebutlah yang kemudian dipergunakan untuk menghidupkan berbagai peralatan seperti audio mobil, starter kendaraan, indikator elektronik kendaraan, serta sebagai listrik penggerak kendaraan listrik.

Dalam pembahasan Tips Cara Memperbaiki Aki Basah Rusak kali ini akan diulas tentang cara meningkatkan efisiensi aki dari yang tidak bisa menyimpan arus menjadi aki yang mampu menyimpan arus seperti halnya aki baru. Pada kenyataannya banyak konsumen yang langsung mengganti aki lama dengan aki basah baru lantara tidak mengetahui trick untuk memperpanjang usia aki.

Bahkan tidak sedikit yang langsung membuang aki tersebut atau tukar tambah dengan harga yang relatif murah untuk ditambahkan mengganti aki baru.

Peralatan dan Bahan yang Diperlukan

Terdapat beberapa peralatan dan bahan yang diperlukan untuk memperbaiki kondisi aki yang sudah lemah atau bahkan sudah tidak bisa menyimpan arus. Beberapa bahan dan alat yang diperlukan antara lain:

  • Air AKI (Zuur)
  • Parasetamol ( Obat Penurun Panas )
  • Alat perkakas seperti amplas dan obeng.
  • Charger Aki

Zat Parasetamol mampu bereaksi dengan air aki dan mengikit habis residu oksida pada dinding setiap cell aki, sehingga akan terbebas dari oksida dan kembali dapat mengalirkan arus listrik dengan sempurna.

Proses dan Cara Perbaikan

Terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan hingga sebuah aki dapat dipergunakan kembali . Agar dapat maksimal, usahakan baca artikel ini secara seksama, sehingga hasil perbaikaan akan lebih maksimal. Berikut ini meruakan tahap perbaikan yang harus dilakukan. :

  • Buang seluruh air aki yang tersisa dalam aki yang akan diperbaiki.
  • Kuras hingga kering dengan cara dibalikan dan dimiringkan hingga betul-betul kering.
  • Tuangkan ari hanggat ke dalam aki ke dalam setiap lubang aki hngga benar-benar terisi.
  • Bilas terus sampai bersih
  • Keringkan selama 1 malam.
  • Keesokan harinya, isi setiap sel aki dengan air aki zuur ( Tutup Warna Merah ) hingga batas tengah aki
  • Masukan bubuk parasetamol ke dalam setiap lubang aki.
  • Biarkan bereaksi selama satu hari.
  • Kuras kembali aki yang sudah direndam dengan parasetamol menggunakan air aki baru.
  • Cas kembali aki, maka aki pun akan berfungsi seperti aki baru.

” Tips Cara Memperbaiki Aki Basah Rusak ” ini hanya berlaku untuk aki kering. Dan pastikan aki belum retak, pecah atau bahkan hangus karena terbakar.

One thought on “Tips Cara Memperbaiki Aki Basah Rusak

  1. Bambang Widyanarko

    Thanks bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.