Cara Memperbaiki Kerusakan Kipas Angin

JagoBelanja.com – Kerusakan kipas angin dapat disebabkan berbagai penyebab. Cara memperbaiki kerusakan kipas angin tergantung jenis kerusakan komponen motor, kapasitor, termofuse, tombol, bearing hingga mati total atau sekedar gangguan kecepatan putar.

Cara Memperbaiki Kerusakan Kipas Angin

Cara memperbaiki kerusakan kipas angin sangat tergantung pada jenis kerusakannya. Sebelum memperbaiki, sebaikya mengetahui terlebih dahulu jenis kerusakan yang terjadi. Terdapat 2 jenis kerusakan utama pada kipas angin yaitu:

  • Kipas Angin Mati Total
  • Putaran Tidak Normal

Berikut ini adalah keterangan lebih lanjut masing-masing penyebabnya besarta cara memperbaiki kerusakan kipas angin berdasarkan gejala dan penyebabnya.

Kipas Angin Mati Total

Sebuah kipas angin yang bila dihidupkan sama sekali tidak bergerak atau mengeluarkan suara dapat diketagorikan sebagai mati total. Tentu saja tidak berarti bahwa kerusakan tersebut tidak bisa diperbaiki.

Terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan kipas angin sama sekali tidak bisa berputar. Mulai dari penyebab ringan hingga penyebab kerusakan besar pada komponen. Beberapa penyebab diantaranya adalah:

  1. Kerusakan Termofuse.
  2. Kerusakan Motor
  3. Kerusakan Kabel
  4. Kerusakan Switch
  5. Kerusakan Control Board

Kerusakan Termofuse dan Cara Perbaikian

Termofuse merupakan salah satu komponen pelindung kipas angin. Komponen tersebut biasanya terpasang di dalam motor kipas angin. Tujuan utamanya adalah melindungi motor dari kerusakan akibat kepanasan.

Cara kerja termofuse adalah apabila suhu motor terlalu panas, maka termofuse ini akan putus dan menghentikan aliran listrik ke dalam motor.

Cara memperbaiki kerusakan demikian adalah dengan mengganti dengan komponen dengan spesifikasi yang sama. Selain itu, tentu saja coba untuk memeriksa kondisi poros motor. Biasanya motor yang kotor atau terlilit rambut atau kotoran akan menyebabkan motor bekerja dengan berat, sehingga menimbulkan panas.

Harga termofuse sangat murah, sehingga tidak perlu biaya besar untuk memperbaiki kerusakan komponen tersebut.

Jangan mencoba untuk mem bypass atau menghubungkan langsung listrik ke motor tanpa menggunakan termofuse. Hal ini sering dilakukan karena sulit menemukan sekring dengan spesifikasi yang sama atau menganggapnya sebagai cara cepat.

Gantilah dengan termofuse dengan suhu yang sedikit lebih tinggi tidak akan menimbulkan masalah bila sulit menemukan yang sama. Hal ini lebih baik dari pada menghubungkan langsung tanpa perlindungan.

Kerusakan Termofuse dan Cara Perbaikian

Kerusakan Motor Utama atau Dinamo Kipas Angin

Kerusakan motor utama atau dinamo kipas angin dapat diketahui dengan cara mencium bau motor. Biasanya motor yang mengalami kerusakan terjadi karena motor kepanasan. Jika berbau sengit hangus, maka dapat dipastikan motor sudah mengalami kerusakan.

Untuk memperbaiki bagian kerusakan pada motor dapat ditempuh dengan 2 cara yaitu :

  • Mengganti langsung motor dengan motor baru berukuran sama. Untuk pergantian, motor dapat dibeli ditoko elektronik setempat atau dibeli secara online di toko JagoBelanja.com
  • Menggulung ulang spool motor agar bekerja kembali. Untuk menggulung ulang, diperlukan peralatan menggulung sederhana agar hasil gulungan bisa rapi. Pastikan menggunakan ukuran kawat yang sama. Jika tidak ingin menggulung sendiri, dapat diserahkan kepada tukang service pompa.

Kerusakan Motor Utama atau Dinamo Kipas Angin

Kerusakan Kabel

Kerusakan ini dapat disebabkan oleh gigitan tikus atau karena pemakaian. Dapat juga terjadi karena sambungan kabel ke motor terlepas. Bukalah kipas angin, kemudian ukur menggunakan tester mulai dari steker hingga ke sambungan motor untuk memastikan kabel terhubung dengan baik.

Harga kabel cukup murah, dapat dibeli ditoko elektronik maupun listrik setempat.

Kerusakan Switch atau Saklar

Saklar merupakan bagian yang paling sering digunakan untuk mengganti kecepatan angin dan menghidupkan atau mematikan kipas angin. Karena pemakaian yang terus menerus, bagian ini akan menjadi aus dan rusak. Akibatnya kontak antara bagian ini dengan listirk menjadi tidak berfungsi.

Kerusakan demikian biasanya ditandai dengan kipas baru berputar apabila saklar ditekan dengan kencang. Sedangkan saat dilepas, kipas kembali mati.

Putaran Kipas Angin Tidak Normal

Kondisi ini biasanya terjadi sebelum sebuah kipas angin mengalami kerusakan lebih lanjut. Gejala yang paling sering ditemukan antara lain seperti berikut ini:

  1. Kipas angin tidak langsung hidup saat pertama dihidupkan
  2. Kipas angin bergetar dan mengeluarkan suara berisik
  3. Kipas angin harus dibantu tangan saat pertama kali dihidupkan.
  4. Kecepatan tertentu tidak berfungsi.
  5. Penggerak arah angin tidak bekerja

Kipas Angin Tidak Langsung Hidup dan Harus Dibantu Tangan

Pada kasus 1 dan 3 , biasanya penyebabnya adalah kapasitor kipas angin yang sudah rusak, sehingga kekuatan untuk memulai putaran tidak ada. Cara yang paling mudah dan murah adalah membersihkan terlebih dahulu kipas angin.

Bila masih belum bisa, segera ganti kapasitor kipas angin dengan kapasitor baru. Sebaiknya menggunakan ukuran kapasitor dengan nilai kapasitansi yang sama atau mendekati.

Kipas Angin Bergetar dan Berisik

Kasus demikian biasanya karena pemasangan gril yang tidak sempurna. Cobala sentuh bagian grill dengan tangan hingga ditemukan bagian yang berbunyi. Biasanya kasus demikian cukup dibetulkan dengan penguncian ulang atau mengikat bagian yang menimbulkan bunyi.

Selain itu, cek juga penguncian pada baling-baling kipas angin. Arah penguncian baling-baling umumnya dikunci dengan arah terbalik dengan cara penguncian baut. Pastikan baling-baling tidak aus atau longgar. Bila longgar, segera selipkan selembar kertas dibawah baling-baling, lalu kencangkan kembali.

Tombol Kecepatan Tidak Berfungsi

Pada kecepatan tertentu, kipas angin malah mati atau tidak berputar. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Pada putaran rendah motor tidak bergerak bisa disebabkan oleh karena kerusakan kapasitor. Sedangkan jika kecepatan rendah berfungsi, tetapi kecepatan tinggi tidak berfungsi, ini dapat menandakan terjadi kerusakan saklar atau kabel ke pilihan kecepatan motor terlepas.

Penggerak Arah Angin Tidak Berfungsi

Terdapat 2 kemungkinan pada kondisi demikian. Kipas yang seharusnya bisa bergerak kiri kanan menjadi diam hanya ke satu arah saja.

Hal ini dapat disebabkan oleh kerusakan motor syncronize atau kerusakan gearbox kipas angin. Kedua jenis penggerak ini dapat ditemukan pada kipas angin dengan merk berbeda.

Perhatikan bahwa Cara Memperbaiki Kerusakan Kipas Angin sangat tergantung pada kerusakan yang terjadi, jadi selalu biasakan analisa sebelum melakukan perubahan permanen.

Cara Memperbaiki Kerusakan Kipas Angin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.