Tips Memperbaiki Sendiri Backlight TV LED

JagoBelanja.com – Apabila TV anda mengalami kerusakan akibat backlight mati, anda dapat memperbaiki sendiri kerusakan tersebut tanpa perlu membawa TV ke tukang service. Tapi sebelum memulai perbaikan, pelajari dulu cara menganalisa untuk memastikan jenis kerusakan dan tips memperbaiki sendiri backlight TV LED melalui gejalanya.

Petunjuk yang diberikan dalam tutorial berikut ini merupakan tips sederhana dan praktis. Untuk mempelajari lebih lanjut secara lengkap dan sistematis, calon teknisi harus mengikuti kursus perbaikan secara bertahap hingga mampu menganalisa seluruh jenis kerusakkan peralatan elektronik.

Tips Memperbaiki Sendiri Backlight TV LED

Tips Memperbaiki Sendiri Backlight TV LED

Berikut ini kita akan membahas mengenai beberapa hal antara lain :

  • Gejala Kerusakkan Backlight
  • Cara Menganalis Kerusakan
  • Cara Mengganti Backlight

Gejala Kerusakkan Backlight TV LED

Gejala paling utama pada kerusakan backlight TV LED adalah layar gelap total. Kondisi TV yang hanya mengeluarkan suara tanpa melihat adanya gambar. Walaupun hanya terjadi kerusakan pada salah satu lampu led, hal ini dapat menyebabkan seluruh strip lampu mati. Namun hal ini tidak harus selalu terjadi.

Namun untuk memastikan, hal yang paling tepat adalah membuka panel TV untuk pengukuran dan pengecekan langsung pada fungsi lampu LEDnya.

Gejala lainnya adalah sebagian layar terang dan sebagian layar redup atau gelap. Kondisi ini terjadi karena terdapat sebagian dari Backlight LED yang mengalami kerusakkan. Biasanya bagian yang gelap merupakan letak lampu yang rusak atau mati.

Cara Menganalisa Kerusakkan Backlight TV LED

Pada kondisi gejala pertama, yang paling utama diukur adalah power supply ke lampu LED nya terlebih dahulu. Saat panel terbuka akan terlihat 3 modul utama yaitu power supply, PCB utama, serta Control Board.

Bila power supply atau driver LED terukur voltase yang tepat ( biasanya 3V atau 6V ) , maka ini berarti bahwa kerusakkan kemungkinan memang terjadi di bagian Backlight LED. Sebaliknya, jika voltase tidak keluar atau tidak sesuai, maka yang harus diperbaiki adalah power supplynya. Dan tentunya kerusakkan demikian mungkin memerlukan bantuan teknisi atau lebih sulit dibandingkan hanya sekedar mengganti strip lampu.

Lakukan pengukuran dengan tester pada posisi DC di bagian konektor DC. Jika voltase terukur drop pada kondisi demikian, lanjutkan ke pengukuran langsung pada LED. Pengecekan dapat dilakukan dengan cara mengukur satu persatu LED menggunakan tester. Namun anjuran saya akan lebih cepat bila dilakukan dengan cara pengetesan langsung pada strip LED baru.

Namun jika bersih keras untuk mengganti hanya lampu yang mati saja, lakukan dengan pengukuran Diodo karena LED adalah sebuah dioda dengan sifat dan cara pengukuran satu arah. Lampu yang bagus akan menyala walaupun hanya diukur menggunakan Tester.

Perhatikan untuk berhati-hati saat membongkar panel TV. Jangan sampai merusak panel TV saat membongkar. Kerusakan panel akan menelan biaya cukup besar, sehingga sekali lagi agar lebih hati-hati.

Jangan buang strip lampu rusak jika anda memutuskan untuk mengganti seluruh lampu. Simpanlah untuk suatu saat untuk mengganti kerusakkan yang sangat ringan pada salah satu lampu yang rusak.

Jika setelah penggantian, lakukan pengetesan beberapa menit untuk memastikan tidak ada lampu yang kemudian mati. Anda dapat menutup kembali casing TV jika memang sudah dipastikan bekerja dengan baik.

Lumayankan kalau bisa menghemat beberapa ratus ribu hanya dengan mengganti sebuah lampu dengan harga beberapa ribu rupiah.

5 thoughts on “Tips Memperbaiki Sendiri Backlight TV LED

  1. Rio

    Om tv saya sony dan untuk backlightnya mati kalo kabel di psu di colok mainboard utamanya , tapi bila kabel dari psu di lepas dari mainboardnya maka lampu backlightnya nyala, kira2 itu masalahnya di mainboard atau psu nya ya? Kira2 analisa selanjutnya gmana? Terima kasih om sebelumnya

    1. jagobelanja

      dilepas dari psu supply pakai apa?

  2. Anonim

    Maaf mas mw nanya, ini tadi kan sy ganti backlight led. Tv led sanyo 24″. Masalahnya,begitu kabel dicolok, lampu lgsg nyala, pdhl tombol power masih off. Salahnya dimana yaa..mohon pencerahan. Terima kasih🙏

  3. Elsa

    Om tv saya back light nya rusak saya bawa ke tukang service katanya kalo back light rusak harus ganti semua sama layarnya , merk tv niko om . Apa masih bisa di benerin ya layar nya tbtb redup

  4. Chusen aminudin

    Om mintak saranya..
    Ini tv led saya bongkar dan saya cek 1 per satu led.nya..mati 1 lampunya.
    Trus saya coba tancepin volokan kqbel ke listrik tapi gak mau nyala terang qpqkah itu karna lampu lednya mati satu itu y om. Trimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *