Cara Membuat Pengendalian Drone Menggunakan Arduino Flight Control

JagoBelanja.com – Cara Membuat Pengendalian Drone Menggunakan Arduino Flight Control yang mampu melakukan PID tunning untuk penguncian posisi, ketinggian dengan bantuan A GPS. Pemasangannya pun sangat sederhana karena mudah dalam pemrograman bagi para hobbyst dengan bantuan software open source.

Cara Membuat Pengendalian Drone Menggunakan Arduino Flight Control

Cara Membuat Pengendalian Drone Menggunakan Arduino Flight Control

Jika jaman dulu, kita perlu membuat sendiri PCB untuk sensor kendali gerak, kendali kecepatan putaran, serta berbagai sensor, saat ini arduino sudah menyediakan semuanya secara lengkap.

Saat ini sudah tersedia modul flight control untuk arduino yang mempermudah perancangan drone. Perancang tidak perlu lagi memikirikan rangkaian pengendalian jarak jauh untuk dipasang pada drone rancangannya. Cukup pasang dan program, kemudian langsung dapat dipergunakan.

Seperti halnya dengan penggunaan NAZA atau APM, arduino memerlukan kesabaran dalam hal tuning. Kombinasi penggunaan bluetooth seperti HC05 atau HC02 yang juga tersedia di Arduino semakin mempermudah pekerjaan dalam hal tunning.

Untuk modul flight control, anda tidak perlu membuatnya sendiri, tetapi juga sudah tersedia modul jadi yang cukup bandel, sehingga proses perancangan drone kendali jarak jauh menjadi sangat mudah. Modul yang digunakan dapat menggunakan tipe GY-Neo6VM2 GPS Flight Control Board.

Spesifikasi Flight Control Modul  GY-Neo6VM2 GPS Flight Control Board.

Voltase yang diperlukan untuk menghidupkan modul tersebut sebesar 3.3V hingga 5 Volt. Untuk regulator dapat menggunakan baik regulator sejenis 7805 maupun voltase referensi keluaran modul Arduino agar modul terlindungi selama penggunaan.

Modul sudah dilengkapi dengan antena reciever untuk menerima signal pengendalian. Tidak perlu dilakukan perancangan antena yang memakan proses lama.

Modul  GY-Neo6VM2 GPS Flight Control Board

Kelebihan Menggunakan Modul Flight Control

  • Modul Flight Control mampu mempercepat proses perancangan. Tidak perlu melakukan perancangan sulit mulai dari pembuatan PCB hingga perakitan unit.
  • Unit langsung dapat dipergunakan melalui pin out yang sudah tersedia.
  • Mudah diperoleh. Sparepart yang tersedia merupakan part atau komponen umum yang banyak dijual dipasaran, sehingga mempercepat proses pemesanan.
  • Ringan dan ringkat, sehingga sangat mendukung penggunnaan pada unit drone yang memerlukan komponen ringkas dan ringan.
  • Murah karena tidak perlu membeli software yang sangat mahal. Modul merupakan modul yang disertai dengan open source licence.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.